Top Cara berbisnis cepat Sukses dan berhasil
Bagi seorang wirausaha dan pedagang atau pebisnis,
menjual produk yang berkualitas saja tidak cukup, sobat harus jeli dalam
melihat potensi pasar atau target market yang berpotensi bisa meningkatkan
penjualan sobat.
Dalam Dunia Bisnis, Ada 3 Jenis Market Yang Harus Sobat
Ketahui.
1. Existing Market (pasar yang sudah ada), atau biasa disebut jug
sebagai bleeding market alias pasar yang berdarah-darah. Kenapa? karena sudah
terlalu banyak pemain atau kompetitor di bisnis itu. Sehingga harga pun sudah
banting-bantingan.
2. Potential Market (Pasar Potensial) adalah pasar yang permintaan
terhadap suatu produk sudah ada, tapi pemain atau kompetitor belum banyak.
Produk bisa jadi adalah varian yang baru, namun bukan suatu produk yang asing,
sehingga calon konsumen sudah mengerti bahkan mencari-cari. Inilah pasar
potensial yang bisa sobat garap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
3. Sleeping Market (Pasar yang masih tertidur) adalah pasar yang belum
terlihat permintaan terhadap suatu produk, tapi juga belum ada kompetitor.
Disini sobat harus melakukan riset dan uji coba untuk menciptakan sebuah tren
baru, Masuk kepasar ini ibarat mengajarkan anak kecil berjalan, memakan waktu,
tenaga dan biaya, dan bisa jadi kemungkinan berhasilnya 1 banding 100.
Namun jika sobat berhasil di Sleeping market ini, maka
akan sangat baik, karena produk yang pertama biasanya lebih tertancap di benak
kosumen daripada yang kedua. Dengan catatan, modal sobat cukup untuk membiayai
dalam proses edukasi.
Jadi, bidiklah Pasar Potensial, karena pemintaan sudah
jelas ada, kompetisi rendah sehingga upaya yang diperlukan untuk mengembangkan
dan mengetrenkan produk sobat juga relatif lebih ringan dibanding existing
market atau sleeping market.
Berikut Adalah Jenis - jenis Pasar Potensial
1. Banyak produk berkualitas, tapi gagal tren.
Penyebabnya bisa jadi karena momentum (timing) atau
unsur lain seperti kemasan, merek, target pasar yang salah, cara promosi dan
lainya.
2. Berhasil ngeTren tapi tak bertahan lama
Seperti tren bubble tea beberap tahun yang lalu.
Sempat tenggelam, kemudian hadir Chat Time ke Indonesai. Tren lagi..
3. Produk baru, merupakan SOLUSI dari permasalahan
yang ada
Inilah yang terbaik. ibarat orang kehausan di padang
pasir, sobat membawa sebotol air. Contohnya adalah Powerbank yang menawarkan
solusi cerdas di tengah tuntutan kesibukan yang mengharus kan manusia tetap
terhubung dengan gatget nya 24 jam.
Untuk beberapa kasus, bahkan harga tak menjadi
sensitif lagi. Konsumen rela membayar mahal untuk mendapat solusi.
4. Produk yang telah menjadi komoditas, tapi tak ada
merek yang menonjol.
Contohnya, J-CO yang berhasil menbuat donat menjadi
tren lagi dengan konteks yang menarik. Dan juga ada Tao Kae Noi yang
mengetrenkan camilan rumput laut di Thailand hingga merambah dunia.
5. Produk yang dianggap Gagal, Punya potensi Tren
Sobat pasti tahu kue brownies. awalnya brownies adalah
kue "kecelakaan" karena lupa mesakukan baking soda, tapi laris manis
setelah diposisikan sebagai kue varian
Pembuatnya berhasil membuktikan bahwa produk gagal itu
hanya belum berhasil memberi makna yang baru pada produk tersebut. inilah yang
disebut dengan re-positioning.
6. Banyak yang mencari suatu produk, tapi barang
langka di pasaran.
Inilah efek suatu produk yang dipromosikan berlebihan,
tanpa diimbangi dengan produksi dan distribusi yang merata. Kondisi ini bisa
menjadi celah bagi sobat untuk dan merebut pasar. Jika kelangkaan produk
dikarenkan bahan baku yang sulit didapat, ciptakan produk penggati serupa.
7. Permintaan banyak, suplai juga banyak, tapi masih
ada celah diferensiasi
Batik deh contohnya. 10 tahun terakhir ini batik
seolah menjadi seragam yang wajib dimiliki orang Indonesai. Pemainnya pun
sangat banyak, tapi motif dan warnanya masih banyak celah untuk diferensiasi
dan mengetrenkannya.
8. Produk pelengkap dari suatu produk yang sedang
NgeTren
Maraknya pemutar musik digital, pasti membutuhkan
headphone. Beats yang tidak memiliki pabrik sendiri, hanya dalam waktu 2 tahun
sejak pendirian perusahaan (2010-2012) meraup uang sebesar USD 309 juta dari
penjualan 50,1 % sahamnya ke HTC. Headphone Beats bukan sekedar fungsi, tapi
sebagai aksesoris gengsi kawula muda, meski saat tak mendengarkan musik.
9. Sedang tren di Wilayah / Negara lain, tapi belum
tren di wilayah sobat
Jika sobat tinggal di wilayah Indonesai Timur, sobat
bisa membawa tren produk saat ini dari Jakarta ke wilayah sobat. Begitu juga
tren produk dari Amerika saat ini dibawa ke Indonesia. Yang terpenting
perhatikan keselarasan dengan budaya atau selera penduduk setempat.
Bagaimana cara memonitor TREN? Cari saja
majalah-majalah (terutama luar negri) yang berhubungan dengan produk sobat.
Bahkan sekarang bisa update berita dan tren fashion dari laptop atau smartphone
sobat seperti aplikasi Pulse, Feed, dan Flipboad.
10. Sudah ada yang Tren, tapi konsumen terbatas,
karena harga
Nah, ini juga enak menggarapnya. Karena sudah ada yang
membuka pasarnya, hanya saja tak terjangkau oleh golongan mayoritas. Contohnya
frozen yogourt yang dipopulerkan oleh Sour Sally. Kenapa tidak dibuat versi
kelas menengah ke bawah.
Kondisi- kondisi di atas semuanya mempuyai celah bagi sobat
untuk masuk, contohnya produk yang berkualitas, tapi kemasannya tak menarik
utuk diambil, disini sobat punya kesempatan untuk merebut pasar. Tak harus
murni produk baru, nyontek dikit juga boleh, asalkan konsumen mensobati produk sobat
sebagai sesuatu yang baru bagi mereka.
Nah, itulah beberapa jenis market potensial yang bisa sobat
target sebagai celah untuk menciptakan peluang bagi bisnis sobat.
Post a Comment for "Top Cara berbisnis cepat Sukses dan berhasil"
SILAHKAN BERKOMENTAR !
DILARANG KOMENTAR BERUPA LINK ATAU SPAM !!! 🚫
Catatan: Memasukan item pada komentar
☑️ Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan Tag Url Gambar Anda
☑️ Untuk Menyisipkan Kode, Gunakan Tag Kode Anda
☑️ Untuk Menyisipkan Kode Panjang, Gunakan Tag Kode Anda
☑️ Untuk Menyisipkan Judul, Gunakan Tag Judul Anda
TINGGALKAN PESAN DENGAN KATA-KATA YANG BAIK :
1.Sopan dan tidak mengandung unsur Agama, Porno, Promo dan judi.
2.Tidak memasang iklan atau link lainnya.
3. Link Aktif Akan Dimatikan Secara Otomatis.
4. Berkomentarlah sesuai konten.
☑️ HARAP MAKLUM 🚫
Hormat Kami Caramudah.id